Simak 10 Resep Sukses Bisnis Kuliner ala Bondan Winarno



Salah satu tokoh kuliner, Bondan Winarno meninggal dunia di Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta, pukul 09.05 pagi, Rabu (29/11/2017) kemarin.

Pakar kuliner disematkan karena semasa hidupnya, karena Bondan banyak berkecimpung di dunia makanan. Dia pun dikenal memiliki beberapa usaha kuliner.

Beberapa waktu lalu, Bondan sempat membagikan tips sukses berbisnis kuliner.  Apa saja hal yang disarankan Bondan Winarno agar bisa sukses berbisnis kuliner?

Dia menuturkan memiliki 10 kunci sukses dalam membangun bisnis kuliner.

Pertama, Anda harus mengetahui semua komponen harga.

Hal tersebut penting untuk mengatur manajemen keuangan usaha. “Semua harus tahu kapan harga cabai naik, kita menyimpan stok cadangan. Dan ditulis jangan di awang-awang,” kata dia.

Kedua, tetapkan peran Anda.

Menurut Bondan, dalam sebuah usaha mesti dihindari peran berganda agar usaha menjadi fokus. “Kalau berhasil berkembang tetapkan peran, kalau usaha besar mau jadi koki atau manajer, nggak bisa dua-duanya,” tambahnya.

Ketiga, pemilihan lokasi

Jadi harus ditentukan lokasi mana yang tepat agar mudah dijamah konsumen. Memang, selama ini banyak pelaku usaha yang meskipun terletak di tempat yang sulit dijangkau tapi memiliki banyak penggemar.

Bondan mengatakan, sebaiknya hal tersebut dihindari karena Anda merupakan pemain baru usaha ini.

“Kalau Anda mulai jangan pakai anomali, dengan menggunakan hal-hal sukses orang lain,” tutur dia.

sumber:bisnis.liputan6.com

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *