Mau Hemat Baterai Android? Lakukan 7 Tips Ini



Baterai ponsel sudah menjadi hal penting bagi pemakainya. Baterai yang kuat merupakan impian semua pengguna ponsel. Tak peduli merek ponsel apa yang dipakai. Apa jadinya, jika ponsel mendadak mati pada saat diperlukan, baik itu untuk telpon atau mengirim pesan.

Perkembangan teknologi ponsel pun sekarang sudah semakin baik, apalagi dengan adanya produk seperti powerbank sebagai cadangan daya untuk baterai ponsel. Kepraktisan dari powerbank inilah yang menjadi andalan orang banyak yang bisa dibawa ke mana-mana.

Namun, powerbank hanyalah alat penunjang saat daya baterai sudah mulai habis dan Anda kesulitan memperoleh colokan listrik untuk charging baterai ponsel. Bergantung pada powerbank bukanlah solusi satu-satunya, agar baterai ponsel Anda tetap bertahan. Ada hal penting lainnya dari sisi penggunaan dan pengaturan ponsel itu sendiri.

Bagaimana tips agar baterai ponsel bisa awet seharian tanpa powerbank? Berikut ini panduannya.

1. Kurangi Tingkat Kecerahan Layar Ponsel

Jangan terbuai dengan terangnya layar ponsel Anda saat menggunakannya. Anda harus mengurangi kenyamanan dari layar ponsel yang terlalu terang. Nonaktifkan kecerahan layar otomatis. karena pada saat Anda berada di ruang terbuka maka ponsel juga otomatis akan meningkatkan kecerahan. Ini bisa membuat daya baterai akan terkuras lebih cepat. Atur kecerahan seminimal mungkin agar baterai tidak cepat habis.

2. Nonaktifkan Menu Lokasi Pada Ponsel

Ponsel yang sedang tidak digunakan, bila pengaturan lokasi tetap aktif, daya baterai akan lebih mudah berkurang.

Nonaktifkan lokasi pada ponsel yang juga dapat menghalangi sebagian aplikasi lain. Khususnya aplikasi yang memerlukan lokasi Anda. Anda cukup menyalakan lokasi saat memakai aplikasi navigasi seperti Google Maps.

3. Nonaktifkan Getaran Tombol dan Suara

Anda mungkin belum melakukan pengaturan sederhana pada ponsel. Ini yang mengakibatkan baterai cepat mati. Diantaranya adalah fitur getar dan suara yang selalu aktif saat Anda menyentuh tombol kembali atau home.

Ada lagi hal yang lebih menguras baterai yakni menyalakan getar pada saat mengetik keyboard. Sudah berapa kali Anda mengetik huruf di keyboard? Jika dijumlahkan tentunya akan menambah besar daya baterai yang dipakai.

Oleh karena itu, matikan saja fitur getar dan suara pada menu keyboard.

4. Nonaktifkan Koneksi Wifi

Berselancar internet menggunakan Wifi memang menyenangkan dan lebih praktis. Namun fitur seperti wifi, bluetooth, NFC di berbagai gadget dan ponsel pasti bisa lebih cepat menguras daya baterai.

Saat Anda memakai Wifi di perkantoran atau rumah dan tidak mematikannya serta koneksi data tetap aktif akan mengurangi daya baterai. Hal ini terjadi karena ponsel akan terus melakukan pencarian sinyal Wifi yang ada, entah itu saat Anda berada di luar ruangan dan tempat publik lainnya.

5. Nonaktifkan Jaringan 4G LTE

Mungkin ini yang terberat bagi Anda yang selalu ingin menikmati koneksi cepat 4G LTE. Tapi ini jelas bisa memperlemah daya baterai.

Sebagai perbandingan sederhana, pemakaian koneksi 2G atau 3G lebih hemat daripada 4G LTE. Kesimpulannya adalah bila Anda ingin menghemat baterai, gunakan koneksi internet 2G atau 3G saja. Kecuali saat Anda ingin berselancar, gunakan koneksi 4G LTE.

6. Gunakan Latar Belakang Hitam Bila Ponsel Anda Memakai layar OLED

Pemakaian layar berwarna gelap atau hitam akan menghemat daya baterai pada ponsel berlayar OLED (Organic Light-Emitting Diode).

Ini dipicu oleh layar OLED tak menghidupkan piksel warna hitam. Jadi daya baterai akan lebih hemat.

Lain halnya dengan layar LCD, seluruh piksel tetap hidup walau warnanya hitam. Intinya, tips ini tak berlaku bagi ponsel berlayar LCD.

7. Aktifkan Airplane atau Flight Mode

Apa fungsi airplane mode? Fitur ini digunakan saat ponsel tidak sering dipakai, sinyal tidak baik dan berada di lokasi terpencil. Maka daya baterai ponsel Anda lebih hemat.

Jika sudah ada dalam keadaan baik, Anda sudah bisa mengaktifkan kembali ke mode biasa.

sumber: www.viva.co.id

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *